Senin, 28 Januari 2013

Rendahnya Displin Masyarakat dalam Membuang Sampah!



Banjir yang melanda ibukota sejak 17/01/2013 terjadi akibat curah hujan yang tinggi dengan durasi yang panjang menjadi penyebab utama debit air yang besar. Dengan perubahan iklim yang ekstrim dan belum ada persiapan untuk menghadapinya membuat Jakarta dengan mudah dilanda banjir.
Selain itu, lemahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Menurut SBY pembenahan banjir Jakarta dengan menelan anggaran Rp 2 triliun akan sia-sia jika masyarakat tetap membuang sampah sembarangan. SBY mengatakan melihat sendiri banjir yang tingginya hingga di atas 2 meter saat melakukan perjalanan menelusuri Sungai Ciliwung.
"Betapa sampah-sampah, sumbatan-sumbatan, tempat-tempat yang harusnya bisa dialiri air tersembat semuanya. Ini menunjukkan disiplin masyarakat Jakarta masih rendah. Saya katakan begitu, dan ini tidak boleh terjadi. Mau kita bangun menghabiskan uang berapa triliun pun kalau disiplin masyarakat kita tidak baik itu sumber dari permasalahan," kata SBY.
SBY meminta warga Jakarta hidup tertib dan menjaga kebersihan. Begitu juga dengan Dinas Kebersihan DKI Jakarta harus ditingkatkan kinerjanya.
"Mari kita semua berbenah diri berdisiplin, tertib dan membuang sampah pada tempatnya." kata beliau.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar